Pasar Wadai Sambut Ramadhan, Hidupkan Jajanan Khas Buatan UKM

Kegiatan  tahunan Pasar Wadai (jajanan) Ramadan di Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin, sore ini, Sabtu (22/8) siap dibuka Gubernur Kalsel. Sebanyak 165 stan ikut dalam kegiatan itu.

Kegiatan wisata kuliner terbesar di Kalsel ini harus sudah siap sebelum diresmikan. “Acara pembukaan sesuai jadwal akan digelar pukul 16.00 oleh Gubernur, oleh karena itu setiap stan harus sudah siap pukul 13.00 Wita,” kata Koordinator Asosiasi Pedagang Pasar Wadai Ramadan, Junaidi.

Dikatakannya lebih lanjut, saat hari pelaksanaan tidak ada lagi aktivitas persiapan stan terkecuali pengadaan perlengkapan seperti barang dagangan, namun untuk stan tempat dagangan harus sudah siap.

Warga Antasan kecil barat RT 29, Hj Zaitun, tengah sibuk memasang karpet plastik pada meja di stan tempatnya berdagang. Di stand bernomor 43 itu Zaitun dengan cepat memberaskan tempat jualannya.

“Kita harus cepat karena besok harus sudah siap stand tempat kita berdagang, katanya akan ditegur bila kita belum siap jadi daripada cari masalah lebih baik cepat-cepat,” katanya.

Dikatakannya lebih lanjut, dagangan yang akan dijualnya macam wadai roti Maryam hingga Gulai kambing, jadi tidak hanya wadai saja yang akan dijual.

“Mayoritas memang berdagang wadai namun panitia memperbolehkan selain wadai yang dijual, yang penting masih yang ada hubungannya untuk keperluan berbuka seperti,” katanya.

Menurut, Kasubdin promosi dan pariwisata Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, Yordani, toleransi diperbolehkannya berdagang selain wadai diberikan untuk kenyamanan pengunjung juga.

“Untuk jenis makanannya saja kita data apa yang mereka dagangkan, dan mereka pun terawasi agar selalu mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku,” katanya.

Menurutnya, bila ada yang membandel dagang diluar dari apa yang ada di data maka kita cabut hak nya untuk berdagang, dengan diawali teguran tentunya.

“Inikan pasar wadai, jadi dagangan harus mayoritas ya wadai dan masih ada toleransi makanan dan minuman lainnya, terkecuali mutlak tidak boleh kebutuhan diluar makan dan minum,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: