Kripik Jahe

Kripik jahe adalah makanan yang terbuat dari jahe dan kelapa, rasanya yang gurih-gurih pedas membuat kripik jahe ini sangat disukai oleh masyarakat. namun cara pembuatannya yang sukar membuat jarang sekali orang yang mau memproduksinya.

Di Desa Pasrujambe hanya ada beberapa Home Industri atau UKM  (Usaha Kecil Menengah) yang memproduksi kripik jahe, diantaranya adalah UKM Watu Klosot yang letaknya didekat aliran lahar dingin semeru. secara terus menerus UKM ini memproduksi kripik jahe meskipun sudah tidak lebaran lagi karena mereka sudah punya pasar yang luas. Lain dengan UKM-UKM  lain yang memproduksinya hanya menjelang lebaran karena memang mereka belum mempunyai pasar.
Menurut  Sayudi (45) Pemilik UKM Watu Klosot, pembuatan kripik jahe memang sulit bagi pemula tapi kalau sudah terbiasa maka mudah saja. kemudian beliau menurturkan bagaimana caranya membuat kripik jahe yang gurih dan renyah serta pedas.

Bahan-bahannya adalah kelapa 3 butir, jahe 1/4 kg atau sesuai selera jika mau pedas bisa ditambahkan, gula 2 kg.
Cara pembuatan : pertama-tama kelapa dan jahe diparut kemudian di sangrai dengan api kecil, kalo menginginkan kripik jahe yang warnanya kuning maka hati-hati dalam menyangrainya jangan sampai terlalu merah. setelah disangari sampai keras dan kalau disentuh terdengar srik-srik maka kelapa dan jahe diangkat, kemudian didinginkan tapi jangan terlalu lama karna bisa membuat jahe dan kelapa jadi melempem. setelah itu siapkan wajan teflon dengan api kecil dan gelar alumunium dimeja serta siapkan glenderan(bisa dibuat dari pipa yang dalamnya dikasih cor semen dan pasir) , tuangkan 2 sdm gula kedalam wajan, ratakan, setelah gula mencair tuangkan 2 sdm parutan jahe dan kelapa yang sudah disangrai tadi, aduk dengan menggunakan adukan kayu, kemudian angkat dan tumpahkan di alumunim kemudian glender dengn glenderan tadi sampai ketipisan yang diinginkan, kemudian gunting segi empat adonan tadi lalu digulung ( ingat gulungnya harus selagi panas, karena kalo sudah dingin adonan jadi kaku tidak bisa digulung, kalao dipaksa bisa pecah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: