Aceh Selatan Kembangkan Budidaya Ikan Tawar

TAPAKTUAN (Berita): Sejak pencanangan Mina Politan dalam bidang budidaya ikan tawar  oleh  Presiden SBY tahun 2006, Aceh Selatan bagian Kluet Raya  termasuk salah satu daerah  terpilih dari  perwakilan Provinsi Aceh sebagai daerah Mina Politan.

Demikian Kadis Kelautan dan Perikanan Drs  H.T Darisman melalui Kabid Perikanan Budidaya Yusrizal,  yang didampingi dua stafnya Nandamardiansyah dan Rusman kepada Berita, kemarin.

Mina politan yang dicanangkan oleh Presiden SBY pada tahun 2006 itu meliputi 41 kabupaten yang mendapatkan SK di seluruh Indonesia dan termasuk salah satunya dari 41 Kabupaten itu termasuk Aceh Selatan sebagai daerah kawasan Mina Politan, yang antara lain mulai dari Pasie Raja, Kluet Selatan Kluet Timur dan Kluet Tengah.

Perlu kita ketahui, lanjutnya, Mina Politan tersebut salah satu kawasan kota ikan, dan setiap desa dan kota saling membangun, jarang kita mendengarkan ikan tawar itu dari daerah barat seperti Labuhan Haji, Meukek Sawang dan Samadua, itu baru saja dibuat sekitar tahun 2009.

sebelum tahun 2006 daerah atau sebagian wilayah Kabupaten Aceh Selatan adalah termasuk kawasan ikan air tawar, antara lain Kluet Tengah, Kluet Timur, Kluet Selatan dan Pasie Raja, terkenal sebagai kota ikan air tawar, dalam istilahnya sebagai kawasan wilayah Mina Politan.

Dan hal ini sudah pasti terus dikembangkan dalam kawasan pedesaan yang sarana prasarananya sudah ada duluan dikala sebelum terjadinya pencanangan oleh Presiden SBY, bagian kluet Raya sudah sering ditanyakan tentang sumber ikan lele.

“Tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh Selatan, ikan air tawar itu sumbernya terlebih dahulu dari Kluet Raya, hingga sampai sekarang didaerah Kota Fajar saja, itu setiap hari ada ikan air tawar berbagai macam jenisnya,” ujarnya.

Untuk selanjutnya apa bila mina politan ini terwujud akan ada sebuah pengembangan mina politan dalam Kabupaten Aceh Selatan.Hal ini sudah pasti terwujud terutama sekali di dua kecamatan yaitu di daerah Kluet Timur dan Kluet Selatan dan juga sebagai kawasan intinya mina politan.

Sementara Kluet Utara, Pasie Raja, dan Kluet Teungah sebagai kawasan penunjang atau pendukung program tersebut.Program ini direncanakan dalam tahun 2010 dan juga sejak dahuu telah membuat tim tentang mina politan dalam istilah wilayah dapat dibagi dua, wilayah budidaya ikan tawar melihat dari segi jumlah penduduknya sebagai konsumsi utama dari pada masyarakat setempat.

Justru itu dengan banyaknya penduduk yang mengonsumsi ikan tawar atau juga bisa dinamakan kota ikan, lebih banyak sononya, dan penentuan kota ikan tersebut, sudah terlebih dahulu di SKkan oleh Bupati sedangkan Labuhan Haji, Meukek Sawang dan Samadua itu merupakan daerah ikan tawar yang baru muncul sejak tahun 2009 lalu.

Sedangan Kluet Raya itu sudah lebih duluan prosesnya sejak tahun 2007 justru itu wajar wajar saja, kawasan tersebut dinamakan dengan kota mina politan, yang dapat mengembangkan ikan tawar.

Dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam budidaya ikan tawar,sebut Drs H.T Darisman yang baru beberapa bulan lalu dilantik sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Selatan.

Menurut Camat Kluet Selatan Kaprawi kepada wartawan yang turun lansung ke lokasi Selasa(9/11)daerahnya disamping berpotensi sebagai kota wisata juga termasuk salah satu lokasi mina politan.

Menurutnya lokasi tersebut  sedang digarap untuk persiapan lahan yang mencapai panjang dan labar  sekitar satu hektar kurang lebih itu, dan sumber air dari bibir sungai kandang, justru itu juga dibantu oleh terang benderangnya cahaya dari tenaga PLTB,jadi dengan adanya potensi alam yang demikian hiduplah Suak Bakong sebagai daerah wisata.

Dan menurutnya ikan air tawar yang layak dipelihara di daerah keramba tersebut adalah sejenis ikan mujahir dan sejenisnya, disini nantinya siapa pun dia yang ingin menikmati ikan segar kemari saja tujuanya.

“Karena ikan segar dan ikan masih dalam kondisi hidup masih manis rasanya, disini dipancing dan disini dimasak terus, justru itu kita akan membuat khusus tempat tempat warung yang bisa menikmati hasil tangkapan nantinya para tamu tamu yang berkunjung ke kota wisata Suak Bakong,” ujar Camat Kaprawi dengan nada promosi. (yun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: